Jumat, 14 September 2007

SEKOLAH TINGGI ALKITAB JEMBER

BADAN HUKUM
SK Majelis Pusat Gereja Pantekosta di Indonesia No. 004/MP/GPdI/1985 tanggal 19 Juli 1985

Ijin Penyelenggaraan:
1. Strata satu (S1) Program Studi Teologi/Kependetaan (Sarjana Theologi-S.Th)
SK Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI No. DJ. III/KEP/HK.00.5/637/2010
2. Strata Dua (S2) Prodi Teologi/Kependetaan (Magister Theologi-M.Th)
SK Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI No. DJ/III/HK. 005/218/2011

Visi dan Misi


Visi Sekolah Tinggi Alkitab Jember
1. Menjadi perguruan tinggi teologi untuk pembentukan dan pengembangan teologi alkitabiah, kontekstual, dengan ciri khas Pentakosta dalam konteks masyarakat dan gereja-gereja Pantekosta di Indonesia

2. Menjadi perguruan tinggi teologi untuk pembetukan calon pengerja gereja dan Institusi Kristen lain dalam arti luas yang mempunyai kepakaran, daya cipta, serta ketrampilan melayani yang memadai dalam berbagai bidang pelayanan.

Visi Program Studi

1. Menjadi salah satu Program Studi teologi / kependetaan yang unggul di Indonesia dalam pengembangan ilmu teologi yang alkitabiah, kontekstual, dengan ciri khas pentakosta, yang menjawab kebutuhan manusia dan masyarakat.

2. Menjadi salah satu program studi teologi / kependetaan yang mempersiapkan calon pengerja yang mempunyai wawasan teologis yang memadai, sikap yang dewasa dan komitmen untuk mengamalkan ilmu demi kemanusiaan, dan ketrampilan pelayanan dalam berbagai bidang pelayanan gereja dan kemasyarakatan


Misi Program Studi Teologi / Kependetaan
Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang ilmu teologi dan ilmu-ilmu lain yang relevan, penelitian dalam bidang teologi dalam hubungannya dengan konteks masyarakat, dan pengabdian kepada masyarakat gereja secara khusus maupun masyarakat luas.

Tujuan Khusus STA Jember
Membuka peluang bagi hamba-hamba Tuhan untuk :
1. Melanjutkan pendidikan, juga bagi jemaat yang sudah lahir baru, bertobat dan dibaptis untuk belajar Firman Tuhan bersama-sama (Matius 9:13; KPR 19;10-12).

2. Mengajar hidup dalam tatanan kebersamaan sebagai keluarga Allah dan dibentuk di Pusat Latihan Gembala . Penginjil, dan Pendidikan Kristen ( Matius 28:29; Markus 16:15; I Tes. 1:4-9; II Tim. 3:1

3. Mengajar tentang Allah sejauh mana Allah menyatakan dan menerangkan diriNya, namaNya, keberadaanNya, dan KemahakuasaanNya. Dan tentang satu-satunya sumber Kebenaran yaitu Alkitab yang adalah Firman Allah (Sola Scriptura) yang dapat membuktikan diriNya sendiri otentik sebagai Scriptura Sui Ipsiusinterpres, maka Alkitab adalah penafsir bagi Alkitab itu sendiri sambil mempelajari keterbatasan manusia dalam lingkup kemuliaanNya.

4. Berupaya membentuk pribadi pelayan jemaat melalui Pembinaan, Pengembangan Watak dan Tata Nilai yang Alkitabiah (KPR 20:28; II Tim 3:17-17; Amsal 2:11).

5. Membekali mahasiswa dengan wawasan pengetahuan Alkitab luas, mendalam, dan doktrinal ( Amsal 1:1-7; 9:10; 24:4; Daniel 12:4; Hosea 4:4; II Pet. 3:18) dengan berpegang pada keyakinan infability dan inerrancy tentang ketidak-bersalahan Alkitab.

6. Menempa mahasiswa menjadi alat ditangan Tuhan, terdidik, terlatih yang sanggup melayani pekerjaan Tuhan di desa, di kota, dimana saja dan kapan saja (Yes. 6:8; Kol. 4:17; I Kor. 9:19)

Sifat Khusus STA Jember
  1. Bersifat missioner, dengan memberikan pendidikan dan bimbingan baik jasmani maupun rohani secara sehat, agar peserta didik dpat menjadi Pendidik dan Pelayan Tuhan yang kompeten.
  2. Turut mengambil bagian secara aktif dalam bidang Pendidikan dan Pelayanan gereja/ mimbar.
  3. mata kuliah yang disampaikan meliputi bidang Teologia, Keahlian keguruan, dan umum.

Tidak ada komentar: